Translate here

Thursday, July 8, 2010

Note 5 (HIKAYAT SIBUTA DAN SI BONGKOK)

Ini hanya sebuah cerita fiktif, diceritakan oleh guru ngaji saya waktu masih kelas 2 SD kalo gak salah, hehe. Meski hanya sebuah cerita yang ringan namun ada pelajaran yang bisa dipetik di dalamnya.

Suatu pagi disebuah pasar nampak 2 orang yang dianugrahi anggota tubuh yang kurang (Cacat). Yang satu tidak bisa melihat dan yang satu bungkuk bukan kepalang. Mereka bersahabat karib dan unik nya kemana-mana mereka selalu berdua. Si buta yang bertubuh kekar selalu menggendong si bongkok kemanapun dan si bongkok berperan sebagai navigator bagi si buta, suatu kombinasi yang unik.

Ketika itu nampak si buta memegang perutnya sambil meringis, "aku lapar.." kata si buta. "kau mau makan apa?" tanya si bongkok. "kali ini aku ingin makan enak, aku ingin makan daging!" pinta si buta.
"Kau gila? mana mungkin cukup duit hasil ngemis ni buat beli daging?" hardik si bongkok. "pokoknya aku mau makan daging, bagaimanapun caranya!!" rengek si buta.

Mereka pun lalu berputar mencari tukang daging murah, dan ketika tiba di satu kios daging mereka bertanya "berapa pak?" tanya si bongkok. "kalian mau beli?" tanya si penjual. "iya pak tapi cuma punya segini" sambil memperlihatkan uang receh. "hmmm..." si penjual daging berfiir. "ya sudah ni ada daging sisa kemarin, kalian ga usah beli, bawa saja!" kata sipenjual daging. "terima kasih pak... bapak baik sekali " kata si buta dan si bongkok sambil pergi membawa daging.

"Nah... sekarang kita bakar daging ni!" kata si bongkok, "Ok lah kalo begitu" timpal si Buta sambil tertawa. Mereka pun membakar daging tersebut alakadarnya. Daging pun siap di makan, "ah... mantap" kata si bongkok. Ketika daging tersebut di makan ternyata daging tersebut sangat liat dan keras, si Buta mencoba mengunyahnya sampai melotot2, dia menggunakan segenap tenaganya dan tiba2.............
Ajaib!! sungguh ajaib dia bisa melihat lagi!!!!!. Menyadari keajaiban tersebut si buta pun berteriak kegirangan "Woyyyy Aku bisa melihaatttt, Horeee....". Kedua sahabat tersebut lompat2 merayakan keajaiban tersebut, dan tanpa sadar si buta memukul-mukul punduk si bongkok, lalu sekali lagi tanpa di duga tiba2............
Ajaib!! Keajaiban lain terjadi, bongkok yang ada pada punuk si bongkok byar menghilang, dan tak ayal bertambahlah kegembiraan mereka.

Mereka lupa diri, heboh merayakan kesembuhannya yang mendadak seperti orang gila. Dalam keadaan gembira meluap-luap, tanpa sengaja si Buta yang baru sembuh tersebut tergelincir ke dalam sungai kecil di pinggir pasar tersebut, apesnya lagi si bongkok yang baru sembuh pun terseret. Mereka terperosok terguling2 ke dalam sungai tersebut, dan "aahhhhh..." teriak si buta menahan sakit, rupanya kedua matanya tertusuk ranting yang ada di sungai. dan si bongkok pun berteriak "aduuhhh.." punggungnya membentur batu dan anehnya dia kembali menjadi bongkok.

Mereka pun di tolong warga, selang beberapa hari mereka pulih dan kembali seperti semula yaitu bongkok dan buta.

Kawan, sambil tersenyum membaca cerita ini, mari kita ambil hikmah apa yang sekiranya bisa diambil tuk dijadi pelajaran bagi kehidupan kita, semoga bermanfaat... :)

No comments:

Post a Comment

Posting Sahabat